RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama sekolah
Mata Pelajaran
Kelas / Semester
Alokasi Waktu
Karakter
|
:
:
:
:
:
|
SMK NURUL HUDA
Pendidikan Agama Islam
( PAI )
XII / 5
4
Jam Pelajaran (2 x pertemuan)
î
Religius
î
Cinta damai
|
A. Standar
Kompetensi
Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang anjuran
bertoleransi
B. Kompetensi
Dasar
a) Membaca QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi :
29
b) Menjelaskan arti QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS
Al Kahfi : 29
c) Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung
dalam QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41
dan QS Al Kahfi : 29
C. Pendidikan Karakter Budaya Bangsa
a) Religius dan berbudi luhur
dengan
cara menumbuhkan sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama
yang dianut, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain dan hidup rukun
dengan pemeluk agama lain Toleransi, dengan cara menumbuhkan sikap dan tindakan
yang menghargai perbedaan agama, suku,
etnis,pendapat, sikap dan tindakan yang berbeda dari dirinya serta selalu
menjaga sikap dan sopan santun sebagaimana tauladan rasululloh yang sesuai
dengan asbabun nuzul dan kajiana dari Q.S. Al- Kafirun ayat 1-6
b) Cinta damai dan tengggang rasa
dengan
cara menumbuhkan sikap, perkataan dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya
serata memberi kenyamanan pada orang lain dengan saling menjaga dan tenggang
rasa
D. Indikator
1)
QS Al
Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29
dibaca dengan baik dan benar
2)
Hukum
bacaan QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29 diidentifikasi
3)
Masing-mamsing
kata yang terdapat dalam QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan Q.S Al Kahfi : 29 diartikan dan disusun
menjadi arti yang benar sesuai dengan
kaidah Bahasa Indonesia yang baik
4)
Isi QS Al
Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29 disimpulkan
5)
Perilaku
bertoleransi sesuai QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29 dipraktekkan
E. Tujuan
dan Pembelajaran
1) Siswa
dapat membaca QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29 dengan baik dan benar
2)
Siswa dapat mengidentifikasi hukum bacaan yang
terdapat dalam QS Al Kafirun, Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29
3) Siswa
dapat menterjemahkan setiap kata QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan Al Kahfi : 29 serta menyusun terjemahan
tersebut dalam Bahasa Indonesia yang
baik
4)
Siswa dapat menyimpulkan isi kandungan QS Al
Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29
5)
Siswa
dapat mempraktekkan sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari
F. Materi
Pokok Pembelajaran
1)
QS Al Kafirun
2)
QS Yunus : 40 –
41
3)
QS Al-Kahfi : 29
:
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
î Pertemuan
1.
1)
Pendahuluan (
Metode : Ceramah )
& Salam pembuka diteruskan berdo’a dan alfatichah
& Membaca dengan fasih dan tartil ayat-ayat yang
berhubungan dengan toleransi
& Pendalaman dan Apersepsi
2)
Kegiatan Inti ( Metode : Demonstrasi, Presentasi, diskusi
)
a)
Kegiatan eksplorasi
& Guru menampilkan program Flash macro media Q.S Al-Kafirun
kemudian memberi contoh cara membaca
& Peserta didik mendengarkan, menirukan dan menyimak
tayangan yang ada di papan /projector
& Guru membagi kelas menjadi 4 Kelompok.
b)
Kegiatan Elaborasi
Peserta didik bergabung
sesuai dengan kelompoknya masing-masing.
& Guru mempersiapkan ayat-ayat
yang harus dibahas sesuai tujuan pembelajaran
& Guru menempelkan hukum
tajwid di papan/projector
& Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa
untuk memperhatikan/menganalisa ayat
sesuai tajwid
& Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi
dari analisa tajwid
tersebut dicatat pada kertas
& Guru memperhatikan/ mengamati diskusi peserta didik.
& Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil
diskusinya
& Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai
menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
c)
Kegiatan Konfirmasi
& Guru dan peserta didik menyimpulkan hasil diskusi isi kandungan Q.S. Al-Kafirun
3)
Penutup ( Metode : Tanya Jawab )
& Beberapa peserta didik diminta menjelaskan cara membaca,
mengartikan dan analisa tajwid serta isi kandungan ayat
& Guru mengklarifikasi beberapa masalah yang dihadapi
peserta didik.
& Guru memotivasi siswa agar membiasakan membaca ayat
Al-Quran dengan benar sesuai tajwid
& Menyimpulkan contoh perilaku toleransi yg sesuai dengan kandungan
ayat yg dikaji
& Pos tes
& Doa dan salam penutup
î Pertemuan 2
1)
Pendahuluan (
Metode : Ceramah )
& Salam pembuka diteruskan berdo’a
& Membaca dengan fasih dan tartilyang berhubungan dengan
toleransi
& Appersepsi
2)
Kegiatan Inti ( Metode : Demonstrasi, Presentasi, diskusi
)
a)
Kegiatan eksplorasi
§ Guru menampilkan program Flash macro media QS Yunus : 40-41 dan Al Kahfi ; 29 kemudian memberi contoh cara membaca
§ Peserta didik mendengarkan, menirukan dan menyimak
tayangan yang ada di projector
§ Guru membagi kelas menjadi 4 Kelompok, masing-masing
kelompok membaca ayat yang di kaji .
§ Guru mempersiapkan potongan
ayat- ayat yang harus diartikan dan di
bahas sesuai tujuan pembelajaran
§ Guru menayangkan
hukum tajwid di layar/papan
§ Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa ayat sesuai
tajwid
b)
Kegiatan Elaborasi
Peserta didik bergabung
sesuai dengan kelompoknya masing-masing.
§ Melalui
diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa tajwid tersebut dicatat pada kertas
§ Guru memperhatikan/ mengamati diskusi peserta didik.
§ Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil
diskusinya
§ Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai
menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
c)
Kegiatan Konfirmasi
§ Guru dan peserta didik menyimpulkan hasil
diskusi isi
kandungan ayat
3)
Penutup ( Metode : Tanya Jawab )
§ Beberapa peserta didik diminta menjelaskan cara membaca,
mengartikan dan analisa tajwid serta
isi kandungan ayat
§ Guru mengklarifikasi beberapa masalah yang dihadapi
peserta didik.
§ Guru memotivasi siswa agar membiasakan membaca ayat Al-Quran dengan benar sesuai
tajwid
§ Menyimpulkan contoh perilaku toleransi yang sesuai dengan
kandungan ayat yang dikaji, baik itu intern, antar maupun dengan pemerintah
§ Pos tes
§ Doa dan salam penutup
H.
Sumber dan
Media Pembelajaran
Al Qur’an dan terjemah Syamilul Quran
Buku Modul PAI Kelas XII berdasarkan KTSP
Buku-buku lain yang relevan
LKS PAI
Internet
I.
Penilaian
Berilah tanda silang (x) pada salah satu jawaban yang
benar di bawah ini !
1)
Perbedaan bisa
memotivasi beberapa hal berikut ini, kecuali ........
a.
Khawatir
muncul kompetisi
b.
Terus
berinovasi
c.
Berkompetisi
secara sehat
|
d.
Tegar
menghadapi ujian
e.
Meningkatkan
kreativitas
|
2)
Cara
Rasulullah menyikapi perbedaan furuiyyah yang terjadi pada sahabat adalah
.........
a.
Mendudukkan
masalahnya dengan benar
b.
Sama-sama
membenarkan ijtihad yang dilakukan masing-masing pihak
c.
Memvonis
salah satu pedapat yang tidak benar
d.
Memerintahkan
mereka untuk berkonsultasi dulu kepada beliau
e.
Membenarkan
yang benar dan menyalahkan pendapat yang salah
3)
Prinsip
toleransi dalam Islam adalah ....
a.
Membiarkan
segala sesuatu terjadi karena menerapkan prinsip kebebasan
b.
Sesekali
ikut pendapat orang lain, sesekali mengikuti prinsip sendiri
c.
Menghargai
pilihan orang lain
d.
Ikut bergabung
dengan pilihan orang lain
e.
Tidak
membiarkan orang lain menjalankan ritual keagamaannya
4)
Agar
perbedaan menjadi maslahat dan rahmat, kita harus mengembangkan sikap ....
a.
Ikhlas
b.
Berprasangka
baik dengan tetap kritis
c.
Lapang
dada
|
d.
Suudzon
e.
Berkompetisi
|
5)
QS.
Al-Baqarah / 2 : 256 menerangkan tentang masalah ........
a.
Ancaman
bagi orang yang tidak bertoleransi
b.
Tidak
boleh ada paksaan dalam beragama
c.
Keyakinan
harus berjalan sendiri-sendiri menurut agama
d.
Perintah
untuk menghormati orang non-muslim
e.
Anjuran berdakwah
kepada orang lain.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini :
1)
Bagaimanakah
perbedaan yang terjadi bisa mendatangkan maslahat dan rahmat ? Jelaskan !
2)
Mengapa
perbedaan pada hakikatnya merupakan ujian dari Allah ? Jelaskan !
3)
Sebutkan
macam-macam perbedaan secara garis besar ?
4)
Bagaimanakah
sikap Rasulullah dalam menyikapi perbedaan pendapat dikalangan sahabatnya ?
5)
Jenis
perbedaan bagaimanakah yang diperbolehkan di dalam Islam ? Jelaskan !
Berilah tanda checklist (v) pada kolom yang sesuai dengan
pilihan sikapmu !
No.
|
Pernyataan
|
S
|
SS
|
TS
|
STS
|
1.
|
Termasuk ajaran toleransi adalah ikut sembahnyang di tempat ibadah agama
lain ketika perayaan hari raya mereka
|
|
|
|
|
2.
|
Ikut memelihara keamanan rumah ibadah umat agama lain, termasuk ajaran
toleransi dalam Islam
|
|
|
|
|
3.
|
Kita harus marah jika ada umat agama lain memberikan bantuan kepada kaum
muslim. Hal itu disebabkan karena yang boleh memberi sumbangan kepada kaum
muslim hanya orang Islam saja
|
|
|
|
|
4.
|
Kita harus menyikapi perbedaan sebagai sumber kekuatan, bukan benih-benih
kerusuhan dan kehancuran
|
|
|
|
|
5.
|
Kita harus benar-benar mempertahankan ajaran agama sesuai dengan aturan
organisasi keagamaan yang kita ikuti sekalipun masalah perbedaan furuiyyah
(cabang)
|
|
|
|
|
A.
Penilaian
mandiri dengan menggunakan buku praktikum dan mentoring
B.
Penilaian
hasil diskusi dilihat dari resume hasil diskusi
C.
Penilaian
akhir
KRITERIA PENILAIAN
No.
|
Nama
Siswa
|
Nama
Karakter
|
Hasil
Diskusi Maks 15
|
Nilai
Tes Maks 70
|
Nilai
Akhir
|
|||
1
|
2
|
3
|
Skor
Sikap Maks 15
|
|||||
1
|
Arif
|
5
|
5
|
5
|
|
15
|
20
|
50
|
2
|
Bambang
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Cahyo
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Danu
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Eko
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : Indikator dari karakter ingin tahu : Nilai
maksimal 5 untuk tiap indikator
1.
Keaktifan
membaca
2.
Kemampuan
bertanya
3.
Keaktifan
dalam diskusi
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
ABUL
MA'ALI , S.Pd.I
|
Pringsewu,
8 Agustus 2016
Guru
Mata Pelajaran
MUSTAMAR
IMAM MUJRI
|
0 comments:
Post a Comment