Home » »



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
 

Nama sekolah
Mata Pelajaran
Kelas / Semester
Alokasi Waktu
Karakter
:
:
:
:
:
SMK NURUL HUDA
Pendidikan Agama Islam ( PAI )
XII / 5
4 Jam Pelajaran (2 x pertemuan)
î  Religius
î  Cinta damai
A.    Standar Kompetensi
*        Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang anjuran bertoleransi

B.    Kompetensi Dasar
a)     Membaca QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29
b)     Menjelaskan arti QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29
c)     Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS Al Kafirun, QS  Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29

C.    Pendidikan Karakter Budaya Bangsa
a)     Religius dan berbudi luhur
dengan cara menumbuhkan sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianut, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain Toleransi, dengan cara menumbuhkan sikap dan tindakan yang menghargai  perbedaan agama, suku, etnis,pendapat, sikap dan tindakan yang berbeda dari dirinya serta selalu menjaga sikap dan sopan santun sebagaimana tauladan rasululloh yang sesuai dengan asbabun nuzul dan kajiana dari Q.S. Al- Kafirun ayat 1-6
b)     Cinta damai dan tengggang rasa
dengan cara menumbuhkan sikap, perkataan dan tindakan yang menyebabkan orang lain  merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya serata memberi kenyamanan pada orang lain dengan saling menjaga dan tenggang rasa

D.    Indikator
1)     QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29  dibaca dengan baik dan  benar
2)     Hukum bacaan QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29      diidentifikasi
3)     Masing-mamsing kata yang terdapat dalam QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan  Q.S Al Kahfi : 29 diartikan dan disusun menjadi arti yang benar sesuai dengan     kaidah Bahasa Indonesia yang baik
4)     Isi QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29 disimpulkan
5)     Perilaku bertoleransi sesuai QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi :  29 dipraktekkan

E.     Tujuan dan Pembelajaran
1)     Siswa dapat membaca QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi :  29 dengan baik dan benar
2)     Siswa dapat mengidentifikasi hukum bacaan yang terdapat dalam QS Al  Kafirun,  Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29
3)     Siswa dapat menterjemahkan setiap kata QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan  Al Kahfi : 29 serta menyusun terjemahan tersebut dalam Bahasa Indonesia  yang baik
4)     Siswa dapat menyimpulkan isi kandungan QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29
5)     Siswa dapat mempraktekkan sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari

F.     Materi Pokok Pembelajaran
1)     QS Al Kafirun
             
   
                
                            

                  
2)     QS Yunus : 40 – 41                  
                                     






3)     QS Al-Kahfi : 29


   :



G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
î  Pertemuan 1.
1)     Pendahuluan ( Metode : Ceramah )
& Salam pembuka diteruskan berdo’a dan alfatichah
& Membaca dengan fasih dan tartil ayat-ayat yang berhubungan dengan toleransi
& Pendalaman dan Apersepsi

2)     Kegiatan Inti ( Metode : Demonstrasi, Presentasi, diskusi )
a)     Kegiatan eksplorasi
& Guru menampilkan program Flash macro media Q.S Al-Kafirun kemudian memberi contoh cara membaca
& Peserta didik mendengarkan, menirukan dan menyimak tayangan yang ada di papan /projector
& Guru membagi kelas menjadi 4 Kelompok.


b)     Kegiatan Elaborasi
Peserta didik bergabung sesuai dengan kelompoknya masing-masing.
& Guru mempersiapkan ayat-ayat yang harus dibahas sesuai tujuan  pembelajaran
& Guru menempelkan hukum tajwid  di papan/projector
& Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa ayat sesuai tajwid
& Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa tajwid tersebut dicatat pada kertas
& Guru memperhatikan/ mengamati diskusi peserta didik.
& Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
& Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai

c)     Kegiatan Konfirmasi
& Guru dan peserta didik menyimpulkan hasil diskusi isi kandungan Q.S. Al-Kafirun

3)     Penutup ( Metode : Tanya Jawab )
& Beberapa peserta didik diminta menjelaskan cara membaca, mengartikan dan analisa tajwid serta isi kandungan ayat
& Guru mengklarifikasi beberapa masalah yang dihadapi peserta didik.
& Guru memotivasi siswa agar membiasakan membaca ayat Al-Quran dengan benar sesuai tajwid
& Menyimpulkan contoh perilaku toleransi yg sesuai dengan kandungan ayat yg dikaji
& Pos tes
& Doa dan salam penutup

î  Pertemuan  2
1)     Pendahuluan ( Metode : Ceramah )
& Salam pembuka diteruskan berdo’a
& Membaca dengan fasih dan tartilyang berhubungan dengan toleransi
& Appersepsi

2)     Kegiatan Inti ( Metode : Demonstrasi, Presentasi, diskusi )
a)     Kegiatan eksplorasi
§   Guru menampilkan program Flash macro media  QS Yunus : 40-41 dan Al Kahfi ; 29   kemudian memberi contoh cara membaca
§   Peserta didik mendengarkan, menirukan dan menyimak tayangan yang ada di projector
§   Guru membagi kelas menjadi 4 Kelompok, masing-masing kelompok    membaca ayat yang di kaji .
§   Guru mempersiapkan potongan ayat-  ayat yang harus diartikan dan di bahas  sesuai tujuan  pembelajaran
§   Guru menayangkan  hukum tajwid  di layar/papan
§   Guru memberi petunjuk dan memberi  kesempatan pada siswa untuk  memperhatikan/menganalisa ayat sesuai  tajwid




b)     Kegiatan Elaborasi
Peserta didik bergabung sesuai dengan kelompoknya masing-masing.
§   Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa tajwid   tersebut dicatat pada kertas
§   Guru memperhatikan/ mengamati diskusi peserta didik.
§   Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
§   Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai    tujuan yang ingin dicapai

c)     Kegiatan Konfirmasi
§   Guru dan peserta didik menyimpulkan hasil diskusi isi kandungan ayat

3)     Penutup ( Metode : Tanya Jawab )
§   Beberapa peserta didik diminta menjelaskan cara membaca, mengartikan dan analisa   tajwid serta isi kandungan ayat
§   Guru mengklarifikasi beberapa masalah yang dihadapi peserta didik.
§   Guru memotivasi siswa agar membiasakan    membaca ayat Al-Quran dengan benar sesuai tajwid
§   Menyimpulkan contoh perilaku toleransi yang sesuai dengan kandungan ayat yang dikaji, baik itu intern, antar maupun dengan pemerintah
§   Pos tes
§   Doa dan salam penutup

H.    Sumber dan Media Pembelajaran
*        Al Qur’an dan terjemah Syamilul Quran
*        Buku Modul PAI Kelas XII berdasarkan KTSP
*        Buku-buku lain yang relevan
*        LKS PAI
*        Internet
I.      Penilaian
*        Berilah tanda silang (x) pada salah satu jawaban yang benar di bawah ini !
1)     Perbedaan bisa memotivasi beberapa hal berikut ini, kecuali ........
a.     Khawatir muncul kompetisi
b.     Terus berinovasi
c.     Berkompetisi secara sehat
d.     Tegar menghadapi ujian
e.     Meningkatkan kreativitas


2)     Cara Rasulullah menyikapi perbedaan furuiyyah yang terjadi pada sahabat adalah .........
a.     Mendudukkan masalahnya dengan benar
b.     Sama-sama membenarkan ijtihad yang dilakukan masing-masing pihak
c.     Memvonis salah satu pedapat yang tidak benar
d.     Memerintahkan mereka untuk berkonsultasi dulu kepada beliau
e.     Membenarkan yang benar dan menyalahkan pendapat yang salah

3)     Prinsip toleransi dalam Islam adalah ....
a.     Membiarkan segala sesuatu terjadi karena menerapkan prinsip kebebasan
b.     Sesekali ikut pendapat orang lain, sesekali mengikuti prinsip sendiri
c.     Menghargai pilihan orang lain
d.     Ikut bergabung dengan pilihan orang lain
e.     Tidak membiarkan orang lain menjalankan ritual keagamaannya

4)     Agar perbedaan menjadi maslahat dan rahmat, kita harus mengembangkan sikap ....
a.     Ikhlas
b.     Berprasangka baik dengan tetap kritis
c.     Lapang dada
d.     Suudzon
e.     Berkompetisi


5)     QS. Al-Baqarah / 2 : 256 menerangkan tentang masalah ........
a.     Ancaman bagi orang yang tidak bertoleransi
b.     Tidak boleh ada paksaan dalam beragama
c.     Keyakinan harus berjalan sendiri-sendiri menurut agama
d.     Perintah untuk menghormati orang non-muslim
e.     Anjuran berdakwah kepada orang lain.

*        Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini :
1)     Bagaimanakah perbedaan yang terjadi bisa mendatangkan maslahat dan rahmat ? Jelaskan !
2)     Mengapa perbedaan pada hakikatnya merupakan ujian dari Allah ? Jelaskan !
3)     Sebutkan macam-macam perbedaan secara garis besar ?
4)     Bagaimanakah sikap Rasulullah dalam menyikapi perbedaan pendapat dikalangan sahabatnya ?
5)     Jenis perbedaan bagaimanakah yang diperbolehkan di dalam Islam ? Jelaskan !

*        Berilah tanda checklist (v) pada kolom yang sesuai dengan pilihan sikapmu !
No.
Pernyataan
S
SS
TS
STS
1.
Termasuk ajaran toleransi adalah ikut sembahnyang di tempat ibadah agama lain ketika perayaan hari raya mereka




2.
Ikut memelihara keamanan rumah ibadah umat agama lain, termasuk ajaran toleransi dalam Islam




3.
Kita harus marah jika ada umat agama lain memberikan bantuan kepada kaum muslim. Hal itu disebabkan karena yang boleh memberi sumbangan kepada kaum muslim hanya orang Islam saja




4.
Kita harus menyikapi perbedaan sebagai sumber kekuatan, bukan benih-benih kerusuhan dan kehancuran




5.
Kita harus benar-benar mempertahankan ajaran agama sesuai dengan aturan organisasi keagamaan yang kita ikuti sekalipun masalah perbedaan furuiyyah (cabang)




A.    Penilaian mandiri dengan menggunakan buku praktikum dan mentoring
B.    Penilaian hasil diskusi dilihat dari resume hasil diskusi
C.    Penilaian akhir

*        KRITERIA PENILAIAN
No.
Nama Siswa
Nama Karakter
Hasil Diskusi Maks 15
Nilai Tes Maks 70
Nilai Akhir
1
2
3
Skor Sikap Maks 15
1
Arif
5
5
5

15
20
50
2
Bambang







3
Cahyo







4
Danu







5
Eko







6








7








8








9








10









Keterangan : Indikator dari karakter ingin tahu : Nilai maksimal 5 untuk tiap indikator
1.     Keaktifan membaca
2.     Kemampuan bertanya
3.     Keaktifan dalam diskusi


 


Mengetahui,
Kepala Sekolah




ABUL MA'ALI , S.Pd.I
Pringsewu, 8 Agustus 2016
Guru Mata Pelajaran




MUSTAMAR IMAM MUJRI

0 comments:

Post a Comment

IKUTI SMK

Daftarkan Nama Dan Emailmu Untuk Mendapatkan Update Dari SMK Via Inbox.

Sponsor